Namaku GITA

“Gita!”

“Ya, hadir!”

“Lho, cowok kok namanya Gita?”

Nama Gita biasanya digunakan untuk anak perempuan. Tapi, entah kenapa orang tuaku memberi nama Gita kepadaku. Nama Gita yang melekat pada diriku ini seringkali menjadi bahan pertanyaan dan olokan dari aku sekolah sampai kuliah. Awal-awal si memang risih, tapi lama-lama biasa juga. Malah menjadi kebanggaan tersendiri buat aku.

Suatu ketika, aku bertanya pada Ibuku soal nama ini. Kok aku yang laki-laki bisa diberi nama Gita seperti kakak dan adik perempuanku? Dengan santai Ibuku menjawab:

“Jeneng Gitamu kuwi ana asal-usule Nug. Gita kuwi artine nyanyian. Nah, biyen Ibumu iki pingin duwe anak lanang sing duwe bakat neng musik. Bapak karo Ibu kan ora duwe, dadi Bapak karo Ibu pengin anake bisa dolanan musik nggo rame-rame neng umah. Jeneng Gitamu kuwi ya singkatan jeneng Bapak karo Ibumu to, Nug.”

Terjemahan:

“Nama Gitamu itu ada asal-usulnya Nug. Gita itu artinya nyanyian. Nah, dulu Ibumu ini ingin punya anak laki-laki yang punya bakat di musik. Bapak dan Ibu kan tidak punya, jadi Bapak dan Ibu ingin anaknya bisa bermaik musik untuk meramaikan rumah. Nama Gitamu itu juga singkatan nama Bapak dan Ibumu to, Nug.”

Oalah, aku baru tahu ternyata itu alasan kenapa orang tuaku memberi nama Gita juga kepadaku. Jujur, aku tahu setelah hidup kurang lebih 20 tahun (hahaha). Ya, memang nama yang diberikan oleh orang tua kita mengandung arti, doa, dan harapan. Terkadang, nama itu terdengar aneh dan membuat kita minder. Akupun sempat mengalaminya kok. Puji Tuhan, sekarang aku sudah lolos ujian keminderan atas nama Gitaku ini. Jadi, buat teman-teman yang punya nama unik, tidak usah minder. Pada nama kalian, tersemat doa orang tua kalian.

 

Leave a Reply

