Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

Berawal dari surat edaran yang ditempel-tempel di kampus saya mengenai persyaratan ujian, saya cukup kaget. Ada kalimat yang mengatakan syarat ujian adalah publikasi artikel ilmiah ke jurnal ilmiah nasional terakreditasi. Mungkin bagi para pembaca yang belum mengerti, jurnal ilmiah nasional terakreditasi adalah sebuah wadah untuk menampung artikel atau jurnal-jurnal yang ditulis, direview, dan dipublikasikan yang sudah diakui dan diakreditasi oleh Dikti. Keberadaan jurnal ilmiah nasional terakreditasi di Indonesia masih sedikit dan proses submittingnya cukup sulit. Inilah yang membuat teman-teman saya merasa galau.

Bertolak dari sana, kampus saya mencoba memfasilitasi dengan mengadakan sebuah workshop penulisan artikel ilmiah. Kontribusinya cukup mahal, lebih dari Rp 200.000,00. Harga yang cukup membuat para mahasiswa berpikir ulang untuk mengikuti workshop ini. Awalnya, saya juga berpikir, uang sebanyak itu hanya dipakai untuk menghadiri acara selama 6 jam? Eman-eman banget. Setelah melalui pertimbangan sana-sini, saya nekat saja datang ke tempat pendaftaran dan membayarkan sejumlah uang untuk ikut acara ini. Jujur saja, setelah saya menerima bukti pembayaran, saya sedikit menyesal karena telah membuang uang sebanyak itu.

Hari workshop pun tiba. Saya berangkat pagi-pagi dari kota Salatiga hanya untuk menghadiri acara ini. Sesampainya di lokasi, penyesalan saya semakin bertambah karena panitia belum bersiap untuk acara ini. Ruangan belum tertata dengan rapi, tempat daftar ulang belum disiapkan sampai kira-kira 15 menit sebelum acara dimulai. Saya kembali berpikir, “wah persiapannya aja gak beres, pasti acaranya juga gitu-gitu doang.”

Oke, waktu terus berjalan. Saya pun masuk ke dalam ruangan dan menunggu 15 menit sampai acara dimulai. Perasaan saya sudah tidak enak karena pelayanan yang diberikan. Namun, setelah acara dimulai, pikiran jelek saya semuanya hilang dan berubah menjadi sesuatu yang menyenangkan. Beberapa kali saya ikut workshop, workshop kali ini boleh dibilang lebih menyenangkan dari sebelumnya. Pembicara sangat interaktif dalam workshop ini. Tak jarang beliau berkeliling sambil memantau dan mengajarkan kami bagaimana cara menulis artikel ilmiah yang baik. Beliau juga memberikan tips dan trik agar artikel yang kami buat dapat dipublikasikan dalam jurnal-jurnal nasional terakreditasi. Acara tidak terasa membosankan karena beliau menyisipkan humor-humor ringan untuk menghilangkan ke sepanengan saya. Wah pokoknya asik banget deh di sesi pertama ini.

Pada sesi kedua, saya diajarkan mengenai bagaimana membuat daftar pustaka dan pengutipan yang cepat, tepat, dan baik. Sebetulnya saya sudah pernah mengikutinya, tapi tidak apa untuk mengingatkan kembali. Saya menemukan hal baru dari sini, dimana pembicara sesi kedua memberi kami pengetahuan untuk mencari referensi secara cepat dan tepat melalui berbagai macam cara. Jujur saja, saya jarang menggunakan fasilitas online ini. Tapi melalui sesi kedua, saya diarahkan untuk mencobanya dan ternyata benar, memang lebih praktis.

Jika diceritakan secara keseluruhan, saya yakin tidak akan selesai dalam satu halaman. Saya hanya menceritakan sebagian dari apa yang saya alami. Uang yang saya keluarkan sebanyak itu sebanding dengan ilmu yang saya dapat. Saya tidak merasa rugi, justru saya merasa untung. Jadi untuk para pembaca, jika ingin mengikuti workshop artikel ilmiah, langsung bres saja tanpa pikir berapa biaya pendaftarannya. Jika dirasa mahal, bisalah nabung dikit-dikit dari uang jajan untuk ikut acara seperti ini. Tidak rugi kok.

Leave a Reply

